Headlines News :
.
Home » » Relevansi Agama & Filsafat (Sulis Veria Maslakah FAI Unisfat Demak)

Relevansi Agama & Filsafat (Sulis Veria Maslakah FAI Unisfat Demak)

Written By Unknown on Minggu, 10 November 2013 | 20.05


MAKALAH

RELEVANSI AGAMA DAN FILSAFAT

MAKALAH INI DISUSUN GUNA UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH FILSAFAT  ISLAM
DOSEN PENGAMPU BP Drs. H. AKHMAD ROWI, MH





Disusun oleh
SULIS VERIA MASLAKAH


FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SULTAN FATAH (UNISFAT)
DEMAK


BAB I
PENDAHULUAN
A-     LATAR BELAKANG

                        Bertanya dan terus bertanya, demikianlah berfilsafat, kemungkinan besar yang

Terjadi dalam filsafat adalah pertanyaan yang terjawab dengan jawaban jawaban yang kembali memberikan pertanyaan. Artinya manusia senantiasa  berfikir dan tidak akan pernah puas dengan jawaban yang bukan dianggap sebagai jawaban final. Hal ini sangat mungkin dapat terjadi pada pertanyaan dabawah tema ; AGAMA ;. Sidi gazalba ‘’ sistematika filsafat ‘’ mengatakan bahwa  ‘’ inti soal agama dan sasaran utamanya adalah alam ghaib ‘’.

                        Berbicara tentang filsafat dan hubunganya dengan agama adalah suatu yang sangat menarik . mengapa tidak , karena ternyata bila kita mau meruntut sejarah filsafat itu sendiri,  sungguh tidak bisa lepas dengan  apa yang disebut dengan  ‘’ kepercayaan ‘’ pada zaman dahulu, sebut saja kepercayaan atas dewa dewi.  Dalam kepercayaan itu banyak sekali kisah yang sebenarnya sulit ditangkap oleh  nalar manusia, yang kemudian mulai banyak dipertanyakan. demikian juga filsafat  dikemudian hari juga masih seputar pembahasan sehingga melahjrkan  ‘’ agama – agama ‘’, begitupun filsafat barat yang tak lepas dari  pemikiran fulsuf atas kristus dan lain sebagainya, sampai pada filsafat setelah adanya islam. 

                        Dalam kalangan tertentu ada yang berpendapat bahwa agama dan filsafat tidak dapat dipertemukan  karena keduanya memiliki pradigma yang sangat berbeda. Namun bila dikaji  dari dua pendekatan pandangan agama dan filsafat  tampak bahwa keduanya  saling membutuhkan .



B-      RUMUSAN MASALAH


                        Rumusan masalah yang akan dipecahkan pada makalah ini adalah  ‘’ BAGAIMANA HUBUNGAN AGAMA DAN FILSAFAT ‘’



C-      TUJUAN PENULISAN


                        TUJUAN MERUPAKAN HARAPAN YANG DI CAPAI  dan harapan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui  hubungan agama dan filsafat.


BAB II


PEMBAHASAN


A-     PENGERTIAN FILSAFAT


                Istilah filsafat berasal dari bahasa yunani yang terdiri atas dua kata yaitu philo dan sophia . philo berarti cinta dan sophia berarti  kebijaksanaan / kebenaran . jadi secara etimolgi filsafat artinya cinta kebenaran.  Sedangkan  pengertian secara terminologi sangat beragam  baik dalam ungkapan  maupun itik tekanya.  Bahkan muh hatta dan langer veld  mengatakan bahwa devinisi  filsafat tidak perlu diberikan karena  setiap orang memiliki titik tekan sendiri dalam definisinya. Dan itulah salah satu faktor  dari perbedaan pendapat dalam ahli filsafat ketika memberikan definisi filsafat itu sendiri.
                Namun dari sekian definisi  terdapat persamaan yang cukup pokok dan sekaligus merupakan unsur unsur  dasar filsafat yaiti pembahasan tentang realitas secara radikal, sistematis, bebas dan universal .


B-      PENGERTAN AGAMA

                Agama berasal dari sankskrit. Ada juga yang berpendapat dari dua kata yaitu A berarti cinta dan GAMA  berarti pergi jadi agama artinya tidak pergi . ada pendapat lain juga yang menyebutkan  bahwa agama adalah kitab suci / teks .  dalam agama tuhan adalah pihak pertama  yang lebih tinggi dari manusia .

                Ilmu agama membahas dasar dasar  yang terdalam tentang suatu  masalah tertentu. Pembahasan masing masing tidak lagi  mempermasalahkan kebenaran agama yang dibahasnya itu. Sifat pembasanya juga bersifat  analitis, rasional, dari pembenaran agama tersebut.


C-      HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN AGAMA 

                Bila kita mendengarkan manusia berbicara dan berspekulasi  dari ujung bumi yang satu keujung yang laenya agaknya sulit kita percaya bahwa manusia tidak melakukan filsafat. Pada dasarnya umat manusia berfilsafat . apakah bintana – bintang itu /, mengapa kita mati, dan apa yang akan  terjadi disaat kita mati  .

                Setiap orang berhati hati dalam mempertimbangkan hubungan antara agama dan filsafat. Banyak masyarakat , termasuk disebagian besar  budaya budayakesukuan  , agama mendifinisikan filsafat , dalam masyarakat laenya  filsafat yang mendifinisikan agama.


D-     PERBEDAAN FILSAFAT DAN AGAMA

a-      Filsafat berarti memikir sedangkan agama mengabdikan diri
b-      Filsafat meletakan tuhan diakhir kajiannya sedangkan agama meletakan tuhan diawal kajian
c-       Filsafat memahami tuhan sebagai penyebab utma semesta sedangkan agama  mencoba menjelaskan tuhan dengan seluruh misterinya berdasarkan wahyu.


E-      PERSAMAAN FILSAFAT DAN AGAMA

a-      Pokok ajaran agama berdasarkan metafisika  begitu juga dengan filsafat hanya saja pendekatanya yang berbeda
b-      Sama sama tidak pernah tuntas membahas eksistansi tuhan
c-        Memberikan argumen yang rasional mengenai tuhan. 








BAB III

PENUTUP

Seruan berfilsafat dalam mendalami agama menurut penulis adalah  telah menjadi sejogyanya  karenamanusia beragam bukanlah manusia manusia primitif  yang kental dengan doktrinasi tanpa mencoba mengembangkan diri. Namun demikian , pemikiran ini harus selalu  bertumpu pada apa yang menjadi tolak ukur atau pangkal kebenaran agama tanpa harus melenceng dari tolak ukur tersebut.

Agama dan filsafat  merupakan suatu item item yang mengabdi kepada kebenaran . agama yand dimiliki oleh hati dapat dibawa ke alam budi demi menemukan rasionalitas yang dalam hal ini menjadi tugas filsafat. Agama dapat diterangkan dengan filsafat, diulas dan di rinci dengan jelas sehingga tidak menimbulkan keraguan, karena berfilsafat dilakukan secara logis , sistematis , radikal, dan universal tentang tuhan, manusia dan alam semesta .



DAFTAR PUSTAKA

               SALAM, BURHANUDIN1983, PENGANTAR FILSAFAT, bandung, bumi aksara
               Bachtiar , amsal 1996, filsafat agama, semarang , toha putera
               Rasjidi, 1965, philosophi of religion, jakarta , bulan bintang
              Sejarah filsafat, robrt c solomon dan kath leen m, higgins, bentang budaya , yogyakarta, 2002
             Sistematika filsafat [ bukub11 ] bulan bintang jakarta , 1973.




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. AKHMAD ROWI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tonitok