Headlines News :
.
Home » » Teori Akal (Putri Pratiwi Mardiyani FAI Unisfat Demak

Teori Akal (Putri Pratiwi Mardiyani FAI Unisfat Demak

Written By Unknown on Minggu, 10 November 2013 | 19.55

akhmadrowi.blogspot.com


MAKALAH FILSAFAT ISLAM

TEORI-TEORI TENTANG AKAL


Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah  Filsafat Islam
Dosen Pengampu Bapak Drs. H. Akhmad Rowi, MH




  



disusun oleh:

PUTRI PRATIWI MARDIYANI
Semester 3


UNIVERSITAS SULTAN FATAH
(UNISFAT )DEMAK
TAHUN AKADEMIK 2013-2014


BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
        Telah berkembang banyak teori tentang akal sejak bertahun-tahun. Teori-teori tersebut dapat digolong-golongkan menurut sistem sederhana yang dipakai oleh para filos yang berkecimpung dalam menyelidiki akal.
     1. akal adalah substansi non-material,
     2. akal adalah prinsip penataan,
     3. akal adalah kumpulan dari pengalaman dan
     4. akal adalah sebagai bentuk perilaku
B.Permasalahan
    1. apakah yang dimaksud dengan teori akal?
    2. unsur batin manusia ada 3 apakah saja?

C. Pembahasan
    1. Teori-teori akal
   Telah berkembang banyak teori tentang akal sejak bertahun-tahun. Teori-teori tersebut dapat digolong-golonkan menurut sistem sederhana yang dipakai oleh para filosof yangberkecimpung dalam menyelidiki akal:
1. akal adalah substansi non-material,
 2.akal adalah perinsip penataan,
 3.akal adalah kumpulan dari pengalaman dan
 4.akal adalah sebgai bentuk perilaku.
akal sebagai substansi:plato dan descartes
akal dapat ditafsirkan sebagai kesatuan non material,yang tak dapat dibagi dan tak dapat mati.Istilah substansi di pakai dalam filsafat untuk menunjukkan suatu realitas yang dalam dan yang mengandung kualitas.
plato
ploto membagi watak manusia kedalam 3 bagian.pertama,bagian rasional tempatnya adalah dalam otak.Unsur rasional manusia adalah esensi suci,atau substansi,dan harus dibedakan dari badan dimana akal itu dipenjara.
kedua adalah bagian yang merasa,tempatnya didada.
yang ketiga,unsur yang ingin atau selera,tempatnya diperut.unsur keinginan tidak mempunyai prinsip untuk mengatur diri sendiri,karena itu harus berada dibawah kontrol akal.akal dan badan mempunyai hubungan yang erat satu dengan yang lainnya,akan tetapi menurut plato perbedaan antara dua hal tersebut adalah nyata.
descartes
descartes,seorang filosof besar pada abad ke 17,menguatkan teori bahwa akal adalah substansi.karena sangat sangsi terhadap kebenaran pengetahuan pada zamannya,dan kebenaran segala pengetahuan,ia memutuskan untuk mempersoalkan segala-galanya dan memulai suatu cara untuk sangsi yang sistematis,dan berusaha mendapatkan apa yang mustahil dapat di sangsikan.
RUH-AKAL-NAFSU PADA DIRI MANUSIA

Akal sendiri adalah bagian terpenting yang membedakan antara manusia dan binatang.keutamaan manusia adalah karena selain di karunia nafsu,ia juga dikaruniai akal sebagai suatu sarana untuk belajar dan terus belajar.Nafsu pada dira manusia tumbuh lebih dahulu dari pada akal,akal pada diri manusia berkembang sedikit demi sedikit untuk membangun kekuatan dan mulai bisa mengimbangi kekuatn pengaruh nafsu pada saat manusia berusia belasan tahun.Namun demikian,proses tumbuh kembangnya akal pada diri manusia tak lepas dari bagaimana cara orang tua menumbuhkan anaknya.salah satu faktor terpenting agar akal bisa tumbuh dengan baik(dalam konsep islam) adalah dengan memberikan makanan yang halal(dan baik).halal baik dari jenis makanannya maupun dari cara mendapatkannya
.
Dalam Diri Manusia Terdapat
unsur manusia ada 2:lahir dan batin
unsur batin manusia ada 3:ruh,akal,dan nafsu.
Nafsu ada 7 peringkat:
1. ammarah: nafsu yangsangat jahat.
2. lawwamah: nafsu yang lemah
3. mulhammah: nafsu yang sudah mula terpimpin dan terdidik tapi belum    kuat atau belum mendarah daging.
4. mutmainnah: nafsu yang sudah tenang.
5. radhiah: nafsu yang sudah ridho
6. mardhiah: nafsu yang tuhan pula ridho
7. kamilah: puncak dari kebersihan nafsu ini hanya ada pada rasul-rasul dan para nabi sahaja
Akal pula ada 6 peringkat
1. akal jenius atau abkari: kekuatan berfikir yang luar biasa dan istimewa mungkin serajus juta seorang di dala satu zaman.akal ini mampu membuat teori penemuan-penemuan baru dikatakan membuat satu ilmu
2. akal cerdik mampu menggurai teori-teori tadi atau muatan hingga mudah difahami oleh banyak orang
3. IQ cerdik biasa dapat memahami sebagian apa yang sudah diurai dan diperjelas jika seseorang itu diberi pelajaran yang cukup.
4. IQ biasa tidak cerdi dan tidak pula bodoh
5.IQ bodoh hanya faham yang asas-asas
6. IQ dungu perkara yang asaspun susah untuk mereka fahami.
Pengertian akal sebagai sumber pengetahuan
dalam mendapatkan pengetahuan,manusia menggunakan akal.akal,ratio(Latin) akal (bahasa arab aqli) budi(sansekerta) akal budi(persatuan arab dan sansekerta) nous (yunani) rasion(prancis) reason (inggris),adalah potensi rohaniah manusia sanggp mengerti mengnahi teori realita cosmis.dalam epistimologi,juga didapatkan bahwa akal adalahsumber pengetahuan manusia,karena manusia itu pandai berfikir maka ia berpengetahuan dan sekalian pengetahuannya dibentuk oleh pikirannya.penganut teori filsafat idealis menilai,bahwa pnetahuan akal melebihi pengetahuan pengalaman,sedangkan rasionalis kritis mengatakan bahwa,akal mengolah pengalaman sambil meresap pada obyek itu sendiri.


Saran
setelah membahas tentang makalah mengenai teori-teori tentang akal penulis ingin memberikan saran kepada pembaca,sebaiknya dalam membuat sebuah pandangan hidu yang bernilai atau filsafat.kita senantiasa memperhatikan unsur dan tinjauan dari filsafat tersebut.apakah sudah mampu mewakili dari kesemua aspek yang ada
Penutup
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT.penulis mampu menyelesaikan makalah ini dengan baik,semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Daftar pustaka

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. AKHMAD ROWI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tonitok