Headlines News :
.
Home » »

Written By Unknown on Selasa, 17 September 2013 | 01.38


LOGIKA DAN PSIKOLOGI DALAM ISLAM
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas
MATA KULIAH FILSAFAT ISLAM

Dosen Pengampu :  Drs. H. AKHMAD ROWI, M.H



Disusun oleh
NAMA
NIM
MASFIYATUL MAGHFIROH
C.1.4.11.0064


UNIVERSITAS SULTAN FATAH DEMAK
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN 2012











LOGIKA DAN PSIKOLOGI DALAM ISLAM

A.     PENDAHULUAN

Allah swt menciptakan beragam mahluk baik yang nyata maupu yang ghoib, yang kesemuanya dilengkapi dengan karakter yang berbeda. Diantara sekian banyak makluk, manusialah yang paling banyak mempunyai karakter yang sangat komplek dan unik.
Dilihat dari kasat mata kasat mata, manusia memang merupakan mahluk yang lebih baik dari mahluk lainnya. Akan tetapi jika dilihat dari karakter yang dimiliki, manusia bisa jauh lebih rendah di bawah hewan liar yang hidup bebas di hutan rimba jika karakter manusia itu tidak dibentuk dan diarahkan sesuai norma norma yang telah diwahyukan oleh Tuhan yang kuasa sedini mungkin.
Karena manusia menyimpan karakter yang sangat hina dan rendah, yang sewaktu-waktu dapat muncul. Maka disinilah pentingnya Psikologi Islam perlu dipelajari dan diterapkan pada makluk yang disebut manusia, guna mencapai kehidupan manusia yang termulya dan bermanfaat bagi mahluk lainnya selaku khalifatullah di bumi.
Tulisan ini hanya akan sedikit menguraikan hal-hal di atas. Semua ini karena keterbatasan kemampuan pengetahuan kami.


B. RUMUSAN MASALAH
1.    Mengapa logika dan psikologi bermakna dalam islam?
2.    Bagaimana logika dan psikologi member kontribusi bagi islam?



C. TUJUAN PENULISAN
Dengan ditulisnya makalah sederhana ini diharapkan akan menjadi sebuah stimulus (rangsangan) bagi penulis dan pembaca untuk selalu sadar akan dirinya sebagai manusia selaku khalifatullah di bumi, yang selanjutnya manusia akan mampu memberi manfaat bagi dirinya dan makhluk lain.

D. PEMBAHASAN

Berikut ini kami akan menguraikan secara sederhana beberapa masalah di atas dengan harapan dapat membantu menjawab masalah yang timbul pada seputar perilaku manusia dalam memahami dan mengamalkan islam.

1.         Mengapa logika dan psikologi bermakna dalam islam?
Logika adalah berasal dari bahasa latin berasal dari kata logos yang berarti perkataan atau sabda. Istil;ah lain dalam bahasa arab adalah mantiq, yang diambil dari kata kerja nataqo yang berarti berkata atau berucap.
Dalam buku logic and language of education, mantiq disebut sebagai “penyelidikan tentang dasar-dasar dan metode-metode berfikir benar. Sedangkan dalam kamus munjid disebut sebagai “hukum yang memelihara hati nurani dari kesalahan dalam berfikir.

Definisi logika
Prof.Thoib  Thahir A.Muin;
Logika  adalah ilmu untuk menggerakkan pikiran kepada jalan yang lurus dalam memperoleh suatu kebenaran.
Irving M.Copi:
Logika adalah ilmu yang mempelajari metode dan hukum-hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang betul dan penalaran yang salah.
Logika adalah ilmu.dalam bahasa Indonesia ilmu seimbang artinya dengan science dan dibedakan pemakaiannya secara jelas dengan kata pengetahuan.pengetahuan (knowledge) adalah hasil dari aktivitas mengetahui yakni tersingkapnya suatu kenyataan ke dalam jiwa hingga tidak ada keraguan terhadapnya.
Logika membantu kita (umat islam)berfikir lurus, efisien tepat dan teratur untuk mendapatkan kebenaran dan menghindari kekeliruan.
Dalam segala aktifitas berfikir dan bertindak, manusia mendasarkan diri atas prinsip ini. Logika menyampaikan kepada berfikir benar, lepas dari berbagai prasangka, emosi dan keyakinan seseorang. Karena itu mendidik manusia bersikap objektif tegas dan berani, suatu sikap yang dibutuhkan dalam segala suasana dan tempat.
Psikologi berasal dari kata yunani psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi psikologi adalah ilmu tentang jiwa. Ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku organisme, terutama tingkah laku manusia.
Psikologi tidak mempelajari jiwa melainkan gejala-gejala kejiwaan. Gejala-gejala kejiwaan yang dipelajari secara umum disebut dengan tingkah laku. Dengan demikian psikologi dapat dibatasi sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku organism, terutama tingkah laku manusia.
Objek psikologi meliputi manusia saelaku materialnya sedangkan objek keilmuannya adalah tingka laku ,manusia.

Fungsi psikologi :
1.      Mampu menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa tingkah laku itu terjadi.
2.      Mampu memprediksikan apa,bagaimana dan mengapa tingkah laku itu terjadi.
3.      Mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya prevensi atau pencegahan,intervensi atau teartment secara rehabilitasi atau perawatan.

2.         Bagaimana logika dan psikologi member kontribusi bagi islam?

Manusia hidup secara bertahap untuk tumbuh dan berkembang mencapai titik maksimalnya. Tahap hidup manusia dimulai sejak dari kandungan sampat ahir hidupnya. Setiap tahap demi tahap hidup manusia tidak bisa terlepas dari pengaruh yang lain. Untuk mengembangkan potensi, akal dan nafsu yang ada dalam dirinya
Sabda Rasulullah :
طلب العلم فرضة على كل مسلمين والمسلماة
“ Mencari Ilmu diwajibkan atas semua manusia Muslim laki-laki dan Muslim perempuan sejak dari ayunan sampai liang lahat (mati).  
HR Bukhari
            Manusia dicipta  Allah SWT dilengkapi dengan dua hal yakni akal dan nafsu. Yang keduanya mempunyai potensi yang sangat berbeda. Yang keduanya sewaktu-waktu bisa saling melengkapi, namun juga terkadang saling berpisah.
Dengan akal yang sehat, manusia bisa mengendalikan dirinya dan bisa mencapai apa yang dikehendaki oleh keinginan nya (nafsu) sesuai dengan jalan yang diridhoi tuhan. Akal akan menuntun manusia untuk melakukan perbuatan. Jika akal manusia tidak terkendali maka akal manusia akan dikalahkan oleh nafsunya sehingga perbuatan manusia tidak terkendali yang merugikan dirinya dan orang lain, keputusan-keputusannya menyimpang dari kebenaran dan tidak sesuai dengan akidah islam yang lurus.
فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ
Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? (surat attin ayat 7)
Hubungan logika dalam psikologi dengan islam
Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari keadaan manusia,sudah barang tentu psikologi mempunyai hubungan dengan ilmu-ilmu lain (islam) yag sama-sama mempelajari tentang keadaan manusia. Hal ini memberikan gambaran bahwa manusia tidak hanya mempelajari psikologi saja melainkan juga mempelajari ilmu-ilmu yang lain.
Mead dan madzhab mengisyaratkan adanya suatu kemungkinan yang menarik bagi apa yang dinamakan psikologi sosiologi. Artinya psikologi yang mempelajari perspektif perspektif dasarnya dari suatu pemahaman sosiologis tentang kondisi manusia.
Disiniah peran logika dan psikologi untuk membuat manusia berfikir benar tegas efiien untuk mendapatkan kebenaran dan menghindari kekeliruan dalam menetapkan hokum_hukum islam yang sejati.

E.    KESIMPULAN

Islam adalah agama samawi yang universal yang kesemua isi ajarannya berdasarkan wahyu Allah swt, yang memerlukan penggalian khusus untuk dapat dipahami yang selanjutnya diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Oleh sebab itu manusia membutuhkan ilmu-ilmu lain yang berfungsi umtuk membantu memahami isi islam yang sangat dalam.
Ilmu logika atau mantiq dan psikologi diantaranya yang dapat membantu manusia untuk melakukan hal tersebut
Kontribusi logika dan psikologi bagi islam :
a.     Membantu menggali hukum-hukum islam yang masih terpendam
b.    Membantu memudahkan dalam memahami hukum-hukum islam
c.     Mengendalikan tingkah laku manusia dalam bentuk preventif (pencegahan) maupun kuratif.



F.    PENUTUP

     Saya menyadari apa yang tertulis dalam makalah ini masih sangat jauh dari baik dan manfaat. Maka kritik dan saran sangat saya harapkan untuk tindak lanjut perbaikan.    


G.   DAFTAR PUSTAKA:

1.  Psikologi M.Nur Ghufron, buku daros STAIN Kudus
2.  Logika. Drs. Mundiri. PT Raja Grafindo Persada Jakarta
3.  Psikologi Pendidikan.Drs.M. Dalyono. Rineka Cipta
4.  Filsafat Pendidikan islam. BUMI AKSARA. 2010
5  Al Qur`an dan tejemahnya Depag RI.


Demak, 29 September 2012


                                                                        MASFIYATUL MAGHFIROH
                                                                        NIM. C.1.4.11.0064


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. AKHMAD ROWI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Tonitok